Daerah

Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar Bahas 3 Agenda Sekaligus Dalam Sehari

Bupati Eka Putra dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar di Aula gedung setempat

PEKATNEWS.COM- Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar kali ini memang spesial dengan menggelar 3 kali rapat sekaligus dalam satu hari pada Sabtu 10 Agustus 2024 di Aula Gedung setempat.

Rapat Paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Tanah Datar, H. Rony Mulyadi Dt.Bungsu, Wakil Ketua Anton Yondra dan Saidani serta dihadiri seluruh Anggota DPRD Tanah Datar. 

Mengawali agenda Rapat Paripurna, Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra,SE.MM. dengan Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2024.

Didalam penyampaian Bupati Eka Putra mengatakan bahwa Pemerintah Daerah akan melakukan beberapa penyempurnaan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di tahun 2024 yang didasari oleh perubahan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

Perubahan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024, terdapat beberapa penyesuaian asumsi dasar terkait kondisi perekonomian makro di Kabupaten Tanah Datar yang menjadi sasaran pokok pembangunan di tahun ini.

Penyesuaian itu berdasarkan masih banyaknya kebutuhan pembangunan dan permintaan masyarakat yang saat ini terus diupayakan dan keterbatasan anggaran yang tersedia, alokasi anggaran berdasarkan skala prioritas pembangunan dan penyelenggaraan urusan wajib pemerintah. 

Selepas itu Rapat Paripurna dilanjutkan dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024. 

Delapan Fraksi menyampaikan pandangannnya dimulai dari, fraksi PAN, fraksi PKS, fraksi Gerindra, fraksi Demokrat, fraksi Nasdem, fraksi PPP dan fraksi Hanura.

Fraksi PPP dengan juru bicara Zulhadi, M.Pd dalam pandangan fraksinya berharap dengan adanya Perda perubahan APBD tahun 2024, untuk bisa dimanfaatkan dengan baik agar tercapai target program yang menjadi prioritas utama dalam upaya mensejahterakan masyarakat. 

Setelah itu DPRD Tanah Datar kembali melanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi atas Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

Bupati Eka Putra pada kesempatan itu mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh fraksi di DPRD Tanah Datar yang telah menyumbangkan pemikiran dalam bentuk pernyataan dan saran terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.(Rzl).

Admin :
Rizaldi