Daerah

Bupati Eka Putra Tambah Faskes Di RSUD Batusangkar

Bupati Eka Putra resmikan Faskes di RSUD M.Ali Hanafiah Batusangkar.

PEKATNEWS.COM- Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. terus berupaya melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batusangkar guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Tanah Datar. 

Hal itu dilakukan Bupati Eka Putra pada Selasa 2 September 2024 dengan meresmikan gedung baru di RSUD Dr.M.Ali Hanafiah di Batusangkar

Gedung ini nantinya akan digunakan untuk memberikan serta meningkatkan pelayanan kepada pasien khusus penyakit Kanker, Jantung, Stroke, Neorologi dan Obgyn.

Diketahui selama ini untuk pelayanan dan fasilitas berobat penyakit tersebut RSUD Batusangkar kalah fasilitas dengan RSUD Bukittinggi dan Padang Panjang.

Dengan ditambahnya faskes Neurologi dan Obgyn di RSUD Batusangkar, Bupati Eka Putra berharap seluruh masyarakat Tanah Datar dapat terlayani dan berobat di RSUD M.Ali Hanafiah Batusangkar. 

Oleh sebab itu Bupati Eka Putra menekankan kepada seluruh pihak jajaran RSUD Batusangkar kedepannya untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Beliau juga menyadari situasi dan kondisi kerja bagi tenaga kesehatan yang sangat melelahkan, namun tetap memberikan pelayanan yang ramah dan terbaik kepada pasien, sebab keramahan itu obat tersendiri bagi pasien dan keluarga, ungkap Bupati. 

Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Direktur dan jajaran RSUD Prof .DR. MA Hanafiah Batusangkar atas pembangunan gedung baru dalam rangka menambah layanan Faskes.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan capaian terkait Kabupaten Tanah Datar yang mendapat Hak Istimewa dalam Pelayanan Kesehatan (UHC), bahwa berobat gratis cukup dengan KTP saja, dengan syaratnya rumah sakit tersebut bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, terang Eka Putra.

Direktur RSUD Prof. Dr. M. A Hanafiah SM Batusangkar dr. Nurman Eka Putra melaporkan bahwa pembangunan gedung Neurologi dan Obgyn ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 sebesar Rp 17,5 Miliar, dan pelaksanaannya dan telah mengacu kepada aturan-aturan yang berlaku serta pendampingan hukum oleh pihak Kejaksaan Negeri Batusangkar.

Gedung Neurologi dan Obgyn dengan 3 tingkat telah selesai pembangunan pada bulan Desember 2023, dilanjutkan pemeliharaan 6 bulan oleh rekanan dan dilanjutkan dengan audit oleh BPK, pada hari ini sudah bisa diresmikan pemakaiannya, terangnya.

Telah selesainya pembangunan gedung tersebut jadi Faskes sampai saat ini di RSUD Prof DR MA Hanafiah SM Batusangkar telah memilki 2 ruang konsultasi IGD dan 13 ruang rawatan serta 12 instansi penunjang dan kantor manajemen dengan jumlah pegawai sebanyak 600 orang, 23 orang dokter spesialis, yang jaga khusus digedung Neurologi 2 orang dokter spesialis syaraf kemudian 19 orang dokter umum. 

Kami sangat siap untuk mendukung program jaminan kesehatan semesta UHC yang baru di lounching Bupati Eka Putra pada awal bulan Agustus 2024 lalu, ungkap Nurman. 

Turut hadir pada peresmian gedung tersebut Forkopimda Tanah Datar, Asisten, Kadis Kesehatan dr.Yesrita Zedrianis, pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari, Pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan Organisasi Profesi IDI, IBI, dan undangan lainnya.(Rzl)

Admin :
Rizaldi