Daerah

Setelah Didesak Bupati Eka Putra Dan Masyarakat Akhirnya Pemprov Alokasikan Rp.137 M Guna Perbaikan Jalan Di Tanah Datar

Bupati Eka Putra memaparkan terkait perbaikan jalan provinsi di Tanah Datar

PEKATNEWS.COM- Akhirnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp.137 Milyar guna perbaikan jalan provinsi yang melewati Kabupaten Tanah Datar. 

Setelah beberapa kali disurati Bupati Eka Putra,SE.MM. dan didesak oleh masyarakat Tanah Datar terkait jalan provinsi yang kondisinya sangat memprihatinkan dan rusak parah serta membahayakan pengguna jalan yang melewati nya.

Dalam keterangan nya Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa ini terkait konsekuensi penggunaan anggaran daerah yang harus kita pergunakan sesuai peruntukannya. 

Sebab akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) nanti bila peruntukannya tidak sesuai dengan regulasi yang ada.

Diungkapkannya bahwa sebagai kepala daerah dirinya bertanggung jawab atas kelancaran jalan penghubung di Tanah Datar yang menjadi roda penggerak perekonomian dan sangat menjadi atensi bagi dirinya.

Bahkan seolah Bupati Eka Putra dianggap oleh sebagian masyarakat tidak mampu sebagai kepala daerah untuk menanggani permasalahan kerusakan jalan tersebut.

Ditegaskan Bupati Eka Putra bahwa permasalahannya tidak semudah yang sebagian masyarakat bayangkan, sebab didalam penggunaan anggaran tentu kita mengkedepan azas kehati hatian. 

Sebab kalau tidak sesuai dengan aturan peruntukannya bisa bisa kita dipidanakan dan dirinya senantiasa berupaya sekuat tenaga agar jalan di Tanah Datar kembali diperbaiki. 

Namun Bupati Eka Putra sangat bersyukur dengan adanya kritikan tersebut yang mana masyarakat Tanah Datar dinilai ikut peduli dan berpartisipasi didalam pembangunan ini. 

Dengan dianggarkanya perbaikan jalan di Tanah Datar Bupati Eka Putra mengajak seluruh masyarakat untuk mengawal anggaran yang dikucurkan Pemprov Sumbar tersebut. 

Semoga anggaran yang dikucurkan ini dapat mempercepat akses mobilisasi barang dan jasa di Tanah Datar, sehingga program program unggulan Bupati Eka Putra didalam mengenjot perekonomia masyarakat dapat cepat dirasakan. 

Hal ini disampaikan Bupati Eka Putra disela kesibukannya bersilaturahmi bersama kelompok masyarakat di Gedung Indo Jelito Batusangkar pada Kamis 18 April 2024.

Diketahui alokasi anggaran untuk perbaikan jalan di Tanah Datar itu terdiri dari Rp. 20 milyar digunakan untuk perbaikan ruas jalan Ombilin - Batusangkar.

Dan Rp. 1,5 milyar untuk perbaikan ruas jalan Sawahlunto - Pagaruyung menggunakan anggaran belanja tidak terduga.

Sementara perbaikan jalan Halaban - Lintau dan Setangkai sedang dalam proses tender dianggarkan sebesar Rp. 98 milyar.

Dan untuk perbaikan jalan Baso - Piladang - Batusangkar dianggarkan sebesar Rp. 6 Milyar, merupakan sisa Tender Jalan Daerah (TJD) Piladang dan untuk tambahan anggarannya akan di alokasikan melalui anggaran perubahan.

Serta Rp.17,5 milyar merupakan bantuan penguatan infrastruktur melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemprov Sumbar guna perbaikan jalan di Tanah Datar, jelas Bupati Eka Putra. (Rzl).

Admin :
Rizaldi