Daerah

Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan Pertanian Dari Kementan RI Dan Anggota DPRD Sumbar

Bupati Eka Putra serahkan bantuan Pertanian di Kantor Pertanian Tanah Datar

PEKATNEWS.COM- Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. menyerahkan bantuan berupa pompanisasi dari Kementerian Pertanian RI serta Becak Motor (Bentor) dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar Dapil Tanah Datar Jefri Masrul (Demokrat) 

Atas perolehan bantuan dari Kementan RI dan Anggota DPRD Sumbar itu Bupati Eka Putra mengucapkan terimakasih semoga pembangunan berkelanjutan dibidang pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani di Tanah Datar dapat ditingkatkan. 

Disaksikan Dandim 0307 TD Letkol. Inf. Agus Priyopujo Sumedi, S.I.P,M.Han. penyerahkan secara simbolis 86 unit Pompa Air dan 11 unit Becak Motor (Bentor) kepada Kelompok Tani (Keltan) di Tanah Datar itu dilaksanakan dihalaman Kantor Pertanian setempat pada Selasa 10 September 2024.

Bupati Eka Putra berharap bantuan yang telah diterima Keltan di Tanah Datar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya.

Bantuan ini sangat tepat, untuk menunjang program-program Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dibidang pertanian, maka dari itu manfaatkanlah bantuan ini secara maksimal, ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hoktikultura Sumbar, Dr. Ferdinal Asmin, STP, MP mengatakan Pemerintah Pemprov Sumbar hingga Pemerintah Kabupaten menyadari bahwa petani adalah pelaku pembangunan di bidang pertanian yang menjadi prioritas penting dalam menjaga ketahanan pangan.

Bentuk penghargan kami kepada petani dengan memberikan perhatian lebih dalam upaya mensejahterakannya, mudah-mudahan Pemerintah selalu konsen membangun pertanian dengan bantuan-bantuan yang telah diserahkan, ujarnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani, Sp. M.Si mengatakan Bentor berjumlah 11 unit untuk 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Lintau Buo, Kecamatan Lintau Buo Utara dan Kecamatan Lima Kaum yang akan digunakan sebagai sarana pengangkut hasil pertanian pasca panen.

Sedangkan 86 unit Pompa Air adalah tahap kedua yang diserahkan, sebelumnya telah terlaksana penyerahan bantuan sebanyak 101 unit Pompa Air dengan total keseluruhan sebanyak 187 unit Pompa Air untuk Keltan di Tanah Datar.

Bantuan unit Pompa Air untuk Tanah Datar adalah bantuan terbesar dari Kementerian Pertanian RI di Sumbar semoga bantuan yang diterima Keltan, dapat mencegah terjadinya puso pada tanaman, ujar Sri Mulyani.(Rzl)

Admin :
Rizaldi