Daerah

Tidak Hanya Jalan Yang Dibangun Bupati Eka Putra Juga Pemberdayaan Masyarakat

Bupati Eka Putra bersama masyarakat di Sabu Batipuh

PEKATNEWS.COM- Didalam mengejar capaian pembangunan daerah, Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra,SE.MM. terus berupaya mengembangkan potensi daerah melalui pembangunan infrastruktur, Pembangunan SDA dan SDM serta pemberdayaan masyarakat.

Disamping itu dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, ter sinkronisasi nya antara seluruh bidang guna menunjang perekonomian masyarakat. 

Hal ini terungkap pada kunjungan kerja Bupati Eka Putra di Nagari Sabu Kecamatan Batipuh, Minggu 8 September 2024.

Pada kesempatan itu Bupati dan rombongan sekaligus melihat selesainya pembangunan jalan yang melintas didaerah tersebut dan berdialog langsung dengan masyarakat setempat. 

Rombongan disambut oleh Camat Batipuh, Wali Nagari Sabu beserta perangkat Nagari, Ketua KAN dan pengurus, Bundo Kanduang, PKK Kecamatan Batipuh, Pemuda dan masyarakat Sabu.

Turut hadir Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Danramil Batipuh, Kapolsek Batipuh mewakili serta tokoh masyarakat lainnya.

Pada dialog tersebut masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih atas dilaksanakanya pembangunan didaerah nya, tidak hanya bidang fisik juga pembangunan pemberdayaan masyarakat.

Wali Nagari Sabu, Edri Fauzen Dt Kayo mewakili masyarakat Sabu menyampaikan ucapan terima kasih atas apa yang sudah di lakukan oleh Bupati Eka Putra.

Masyarakat berharap Bupati Eka Putra dapat melanjutkan pembangunan ini kedepannya dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Tanah Datar.

Disampaikan Edri Fauzan Dt.Kayo juga dari Dinas Tenaga Kerja Dan Industri (Nakerin) Tanah Datar yang sudah memberikan bekal pelatihan kepada pemuda setempat, semoga dengan bekal pemberdayaan itu pemuda bisa berperan aktif didalam pembangunan Nagari. 

Hal senada juga disampaikan Ketua KAN Nagari Sabu B.Dt. Barbanso, Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Eka Putra serta menambahkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan di Nagari Sabu ini.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menjelaskan selain kunjungan kerja ke Nagari Sabu juga untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjaring aspirasi masyarakat. 

Lebih jauh disampaikan Bupati beberapa Program Unggulan (Progul) Daerah Tanah Datar lainnya yang sudah direalisasikan sangat membantu masyarakat penerima manfaat.

Seperti saat ini juga ada program perdana dilakukan berobat gratis di Tanah Datar melalui program Tanah Datar Sehat, Merdeka Berobat. 

Didalam meningkatkan peranserta dan kapasitas Niniak Mamak dan pelaku Adat di Nagari Bupati Eka Putra senantiasa memberikan bantuan melalui Program peningkatan kapasitas Niniak Mamak dan Bundo Kanduang.

Didalam peningkatan UMKM yang multi efek, mengurangi pengganguran, Bupati juga memberikan berupa bantuan modal dalam bentuk Progul Makan Rendang.

Program makan rendang selain sebagai bantuan permodalan juga memberikan efek UMKM yang mandiri bagi pelaku usaha di Tanah Datar. 

Disektor Adat dan Budaya, Eka Putra pun telah menggadang Progul Satu Nagari Satu Event yang merupakan "prototipe" pembangunan berkelanjutan terkait adat dan budaya, ini tentunya tergantung bagaimana pihak Nagari mengakomodir kedalam RPJMD Nagari sehingga bisa dijadikan Program berkelanjutan di Nagari, ungkap Bupati Eka Putra.(Rzl)

Admin :
Rizaldi