Nasional

Luar Biasa Bupati Eka Putra, Penghargaan Terus Mengalir Kali Ini Dari Kemen ATR/ BPN RI

Bupati Eka Putra saat menerima penghargaan dari Kemen ATR/ BPN RI

PEKATNEWS.COM- Usaha dan kerja keras pasti tidak akan mendustai hasil, demikian mungkin kata bijak yang sangat tepat bagi Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.

Bayangkan baru selang beberapa hari menerima penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Jakarta.

Sekarang pada Kamis 7 Maret 2024 kembali Bupati Eka Putra menerima penghargaan dari Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia. 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri ATR/BPN Republik Indonesia, Agus Harimurti Bambang Yudhoyono dalam Rakernas Kementerian di Shangri-La Hotel Jakarta Pusat.

Bupati Eka Putra mendapatkan penghargaan karena dinilai sangat berkontribusi didalam pembebasan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan sertifikasi tanah ulayat di Kabupaten Tanah Datar.

Diketahui bahwa didalam BPHTB akan muncul bea atau pajak yang harus ditanggung atau dikenal kepada pembeli dan penjual.

Setelah menerima penghargaan tersebut, Bupati Eka Putra menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanah Data merupakan satu-satunya yang meraih penghargaan atas pembebasan BPHTB dan sertifikasi tanah ulayat di Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya Bupati Eka Putra sampaikan atas kerjasama yang dilakukan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batusangkar untuk pembebasan BPHTB atas tanah ulayat di nagari, bahkan tahun lalu penyerahan sertifikat di serahkan langsung Menteri ATR BPN sebelumnya di Tanah Datar.

Atas komitmen dan kerjasama itulah Menteri ATR/BPN RI AHY memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan daerah, ucapnya.

Ditambahkan, tahun ini berdasarkan kesepakatan dengan Niniak Mamak beberapa tanah ulayat nagari, Pemerintah Daerah dan BPN Tanah Datar kembali di usulkan untuk di sertifikatkan. 

 Dimana ke depannya salah satu tujuan dari tanah ulayat yang di sertifikatkan atas nama Kerapatan Adat Nagari (KAN) akan memudahkan investor masuk ke Tanah Datar.

Diakhir penyampaian, Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Menteri ATR BPN RI. 

Menteri ATR/BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan karena membebaskan BPHTB bagi peserta program pendaftaran Tanah sistematis lengkap. 

Penghargaan serupa juga diserahkan kepada 5 Kepala Daerah se Indonesia diantaranya 3 Kabupaten, 2 Kota dan 1 Provinsi.

Pada Rakernas tahun 2024 saat ini juga diserahkan penghargaan kepada Bupati Kabupaten Tanah Datar, Bupati Kabupaten Blora dan Bupati Kabupaten Karimun, Walikota Surakarta, Walikota Denpasar dan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulaun Riau. Mudah-mudahan Kabupaten/Kota dan Provinsi lain ke depannya juga bisa mencontoh dalam pembebasan BPHT dan PTSL, kata AHY.

Dan AHY secara khusus juga menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada Bupati Eka Putra atas dukungannya terhadap program ATR BPN khususnya tanah ulayat. (Rzl)

Admin :
Rizaldi