Daerah

Bupati Eka Putra Terus Mendorong Upaya Pelestarian Adat Dan Budaya Minangkabau

Bupati Eka Putra bersilaturahmi bersama niniak mamak dan pemuka agama jorong Galogandang

PEKATNEWS.COM- Bupati Kabupaten Tanah Datara, Eka Putra,SE.MM hadir bersama Niniak Mamak,Pemangku Adat Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat di Jorong Galogandang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan. 

Kegiatan digelar dalam Balai Adat Jorong Galogandang pada Kamis 12 September 2024 di Galogandang. 

Bupati Eka Putra mengapresiasi kekompakan antara Niniak Mamak, tokoh masyarakat, pemuka agama serta masyarakat Jorong Galogandang dengan Pemerintahan Nagari.

Oleh sebab itulah alasan Bupati Eka Putra hadir pada acara tersebut, guna lebih meningkatkan silaturahmim sehingga terbangun hubungan baik antara Pemerintah Daerah dengan para Niniak Mamak pemangku Adat. 

​Disampaikan Bupati bahwa dirinya sebagai Kepala Daerah sangat mendukung berbagai program pembangunan yang dilakukan masyarakat termasuk peningkatan kapasitas niniak Mamak dan mendorong upaya upaya pelestarian Adat dan Budaya Minangkabau. 

Bupati Eka pada kesempatan itu mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang dan menjaga kekompakan.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan beberapa Progul sangat bermanfaat bagi masyarakat Tanah Datar, seperti berobat gratis bagi masyarakat yang tidak mampu

Bupati Eka Putra juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan amanah sebagai Pimpinan Daerah. 

Sebelumnya Ketua KAN Sub II Galogandang H. A. Dt Putiah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada Bupati, atas berburuk sangka dan merasa di anak tirikan oleh Bupati. 

"Saya atas nama niniak mamak Galogandang dengan tulus memohon maaf kepada Bapak. Dulu kami sempat berburuk sangka kepada Bapak, bahkan merasa di anak tirikan, namun faktanya Bapak sangat memperhatikan nasib kami bahkan selama ini telah banyak membantu kami.

Atas nama masyarakat dan pemangku adat kami ucapkan terima kasih, atas perhatian Bapak selama ini, ungkap Dt.Putiah.

Dt. Putiah juga mohon kepada Bupati Eka Putra untuk membantu pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan jorong Galogandang dengan jorong lainnya dan perbaikan Balai Adat Jorong Galogandang.

Pada kesempatan itu Wali Nagari III Koto Wily Adha menyampaikan pada tahun 2024 ini, dari 5 Nagari yang ada di Kecamatan Rambatan, Nagari III Koto lah yang paling banyak mendapatkan dana APBD. 

Atas perhatian dan dukungan Bapak Bupati kepada kami kedepan kami tetap mengharapkan dukungan penuh dari Bapak untuk pembangunan di Nagari III Koto ini, sampai Wali Nagari Willy Adha(Rzl)

Admin :
Rizaldi